Pemrograman Komputer Dan Sejarahnya Yang Kaya

Jika sejarah pemrograman ingin diceritakan kembali, maka aman untuk memulai akun dengan mesin perbedaan untuk jalan Charles Babbage pada tahun 1822. Bahkan dari masa ketika komputer masih sangat sederhana, mereka masih membutuhkan instruksi bahwa mereka dapat melakukan tugas yang diberikan kepada mereka. Serangkaian instruksi inilah yang sekarang dikenal sebagai pemrograman komputer.

Selama era mesin variasi, persneling perlu diubah secara manual yang kemudian akan melakukan perhitungan. Semua itu berubah ketika sinyal listrik menggantikan gerakan fisik dengan mesin pemerintah AS tahun 1942 yang disebut ENIAC. Mesin ini juga mengikuti konsep penerimaan pemrograman.

Untuk membuat pemrograman lebih cepat, dua konsep dinamis yang secara langsung memengaruhi bahasa pemrograman dikembangkan pada tahun 1945 oleh John von Neumann, yang saat itu bekerja di Institute for Advanced Study. Konsep pertama dikenal sebagai metode program bersama. Konsep ini menyatakan bahwa perangkat keras harus tidak rumit dan tidak perlu dihubungkan secara manual untuk setiap program. Instruksi kompleks digunakan untuk mengontrol perangkat jenis ini yang membuat pemrograman ulang lebih cepat.

Konsep kedua yang disebut “transfer kontrol bersyarat” telah melahirkan blok kode yang bahkan dapat digunakan untuk perintah yang berbeda atau yang disebut subrutin. Bagian selanjutnya dari konsep ini adalah percabangan logis. Dengan ini, lahirlah konsep memiliki blok kode yang dapat digunakan dan digunakan kembali.

Pada tahun 1949, bahasa pedang pendek telah muncul. Itu menjadi bahasa ibu dari komputer elektronik. Dengan bahasa ini, programmer diharuskan menggunakan 0 dan 1 sebagai pengganti frasa biasa. Tahun 1951 ditandai dengan kemunculan penerjemah bernama A-0 oleh Grace Hopper. Program ini telah menerjemahkan semua 0 dan 1 untuk komputer. Ini memberi jalan untuk pemrograman yang jauh lebih cepat.

FORTRAN (FORmula TRANslating System) diperkenalkan pada tahun 1957 yang juga merupakan bahasa utama pertama. Ini dirancang untuk IBM untuk komputasi ilmiah. Bahasa ini termasuk frase GOTO, DO, dan IF. Keahlian FORTRAN bukanlah komputasi bisnis. Itu adalah program yang bagus untuk menangani nomor tetapi tidak untuk akun bisnis.

Kemudian COBOL dikembangkan pada tahun 1959. Ia dirancang sebagai bahasa pebisnis. Program COBOL mirip dengan artikel di mana ada 4-5 bagian yang berisi masing-masing bagian utama. Ini membuatnya mudah untuk belajar.

Bahasa LISP (dikembangkan untuk mempelajari kecerdasan buatan) yang juga dikenal sebagai Cambridge Polish dikembangkan pada tahun 1958 oleh John McCarthy. Bahasa pemrograman ini sangat abstrak dan spesifik yang menjadi alasan mengapa masih digunakan sampai sekarang. LISP dapat menyimpan dan mengedit daftar sendiri.

Pada tahun yang sama, bahasa Algol diproduksi. Ini menjadi bahasa ibu Pascal, C dan C ++, serta Java. Algol juga memiliki aturan tata bahasa pertama yang benar yang disebut bentuk Backus-Naar, atau BNF. Algol 68, yang merupakan rilis berikutnya, adalah versi yang lebih sulit digunakan. Karena kesulitan ini, Pascal muncul.

Niklaus Wirth memperkenalkan Pascal pada tahun 1968. Itu adalah metode pengajaran yang penting pada saat itu. Itu adalah campuran dari bahasa berikut: ALGOL, FORTRAN, dan COBOL. Pascal juga meningkatkan model data indikator. Alasan kejatuhannya adalah kurangnya pergantian kelompok. Kemudian Modula-2 muncul, tetapi C sudah populer di antara banyak pengguna.

C oleh Dennis Ritchie (1972, digunakan oleh Unix) mirip dengan Pascal tetapi pendahulunya adalah B dan BCPL. Ini juga digunakan di Windows, Linux, dan macOS. OOP (Pemrograman Berorientasi Objek) dikembangkan pada 1970-an hingga 1980-an. Ini berkembang menjadi C ++ pada tahun 1983. Bahasa ini dapat menangani banyak tugas dalam waktu yang bersamaan. Ini juga Program Bahasa Pilihan Ilmu Komputer AP. Pada tahun 1987 Perl (Practical Reporting and Extraction Language) dikembangkan.

Java segera menyusul pada tahun 1994. Masih banyak tujuan yang harus dicapai terutama dengan program-programnya yang berjalan lambat. Tetapi ada harapan besar bahwa masih banyak lagi yang akan datang untuk bahasa ini. Microsoft juga mengembangkan VB atau Visual Basic yang menggunakan elemen antarmuka pengguna dan sekarang banyak digunakan.

Masa depan menyimpan banyak perkembangan untuk pemrograman komputer. Ini mungkin dimulai dengan cara yang sangat primitif tetapi melihat bahasa yang digunakan saat ini, ada begitu banyak perkembangan sehingga kita tidak bisa tidak bertanya-tanya hal-hal “mustahil” apa yang bisa dicapai segera.