Dapatkan Telepon Selular Membahayakan Kesehatan Kamu?

Tampaknya ke mana pun seseorang pergi, setidaknya ada satu orang yang melihat ponsel di telinganya apakah dia sedang di jalan, di toko, di tempat parkir, berjalan di jalan, dll. Bahkan di tempat-tempat di mana ada ponsel. Dilarang menggunakan telepon seperti di gedung konser atau bioskop, kadang ada pelakunya, atau lebih mungkin, setidaknya beberapa orang menggunakan fitur Messanging di ponselnya.

Penggunaan telepon seluler telah menyebar selama dekade terakhir dan masih terus meningkat. Hampir dua ratus juta orang di Amerika Serikat memiliki ponsel dan terdapat lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Ini berarti bahwa ada banyak telepon yang memancarkan frekuensinya melalui gelombang udara pada waktu tertentu.

Kekhawatiran muncul, apakah penggunaan ponsel dapat membahayakan kesehatan seseorang atau tidak. Tingkat kanker otak telah meningkat di AS sejak diperkenalkannya ponsel, membuat beberapa orang mempertanyakan apakah penggunaan ponsel adalah penyebab peningkatan tersebut.

Ada laporan orang mengembangkan tumor otak di tempat yang sama persis di mana mereka membawa ponsel mereka. Beberapa penelitian telah menyatakan keprihatinan tentang penggunaan ponsel dalam jangka panjang, percaya bahwa hal itu dapat menyebabkan seseorang mengembangkan kanker. Ini tidak berarti bahwa seseorang yang menggunakan ponsel akan terkena kanker, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang meningkatkan risiko seseorang.

Namun, mungkin tidak semuanya begitu suram dan menyakitkan. Sebuah penelitian besar yang dilakukan di Denmark dengan hampir setengah juta pengguna ponsel menunjukkan tidak ada peningkatan kejadian kanker pengguna ponsel.

Namun, penelitian lain menyimpulkan bahwa ada risiko lebih tinggi terkena kanker tetapi hanya dengan pengguna telepon analog. Beberapa penelitian lain menyimpulkan bahwa segala jenis penggunaan ponsel dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Ada banyak perbedaan pendapat tentang topik ini. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, data yang tersedia tidak menunjukkan bahwa pasti ada masalah kesehatan yang terkait dengan penggunaan telepon nirkabel, tetapi informasi tersebut mengatakan bahwa juga tidak ada bukti bahwa telepon seluler benar-benar aman.

Bagaimana dengan penggunaan ponsel yang menimbulkan kekhawatiran dan banyak penelitian perlu dilakukan? Ponsel memancarkan radiasi saat digunakan. Kadarnya rendah dan jenis radiasi yang sama yang diberikan microwave, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

Telah disarankan bahwa menggunakan kit hands-free dapat mengurangi masalah paparan radiasi di kepala. Pendapat berbeda lagi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa itu sama sekali tidak mengurangi jumlah paparan radiasi. Studi lain mengatakan bahwa itu secara signifikan mengurangi jumlah paparan radiasi.

Beberapa orang mengatakan bahwa risiko terbesar dengan ponsel bukanlah dari kemungkinan kanker, baik yang nyata maupun yang dirasakan, tetapi dari kurangnya perhatian saat menggunakan ponsel. Berapa banyak dari kita yang melihat kendaraan berjalan agak tidak teratur di jalan dan kemudian ketika kita mendekati mobil itu kita melihat bahwa pengemudi sedang berbicara melalui telepon genggam. Merupakan fakta yang terbukti bahwa pengemudi ponsel kurang perhatian dan lebih mudah mengalami kecelakaan. Dan perangkat handsfree bukanlah solusi yang mungkin dipikirkan sebagian orang. Ya, mereka membebaskan kedua tangan untuk mengemudi dan mencegah orang tersebut mengalami nyeri lengan, tetapi pikiran pengemudi masih sibuk dengan percakapan dan dengan demikian kurang peduli dengan apa yang terjadi di sekitar atau di sekitarnya di jalan.

Bahkan orang yang berjalan dan berbicara menggunakan ponsel pada saat yang sama dapat menempatkan diri mereka pada risiko yang lebih besar karena mereka tidak menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka.

Semua laporan yang saling bertentangan membuat seseorang bertanya-tanya apa yang harus dilakukan. Kabar baiknya adalah penelitian yang lebih komprehensif sedang dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan ponsel menyebabkan kanker atau tidak. Pada saat yang sama, produsen sedang mengerjakan proses baru yang akan mengurangi atau mungkin menghilangkan paparan radiasi seseorang. Hingga jawaban yang lebih spesifik diberikan, seseorang mungkin ingin menghindari berbicara di ponsel selama beberapa jam setiap hari, tetapi mungkin orang tersebut tidak perlu merasa perlu melepaskan ponselnya. Masih alat yang hebat.

Nasihat tentang mengemudi dan berbicara di ponsel sama seperti sebelumnya. Seseorang harus berhenti di tempat yang aman jauh dari lalu lintas sebelum memasuki percakapan telepon.