Membuat Dana Darurat – Bagian Penting Dari Rencana Keuangan

Tidak ada dari kita yang memiliki kekuatan untuk memprediksi masa depan atau rintangan yang ada di depan. Hal ini menjadikan pembangunan dana darurat sebagai prioritas finansial. Membuat dana darurat sangat dibutukan untuk kesejahteraan finansial Kamu, sehingga jika Kamu mengalami musibah kehilangan pekerjaan atau yang akan membuat Kamu tidak bekerja untuk waktu yang lama. Ini juga merupakan jaring pengaman yang dapat menyelamatkan Kamu dari kebangkrutan atau kesulitan keuangan yang parah jika terjadi perubahan tak terduga dalam pendapatan atau pengeluaran Kamu.

Menyimpan kotak kecil untuk hari hujan harus menjadi bagian penting dari tujuan keuangan individu. Ini sangat penting jika Kamu belum memiliki dana yang tersedia di akun Kamu untuk menutupi pengeluaran tak terduga. Mereka memberi Kamu keamanan finansial karena mereka memberi Kamu uang yang dapat Kamu gunakan jika Kamu sakit, atau jika Kamu atau pasangan Kamu kehilangan pekerjaan, menimbulkan tagihan medis yang besar, atau memiliki tagihan besar yang tidak terduga seperti memperbaiki mobil atau memperbaiki rumah. Kamu tidak ingin berakhir dalam situasi di mana Kamu harus membeli kebutuhan sehari-hari secara kredit dan berakhir dengan pembayaran belanjaan yang Kamu beli dua tahun lalu secara kredit, dengan bunga 10-18% lagi.

Menyimpan uang Kamu dalam rekening mini darurat jelas merupakan alternatif yang lebih baik untuk mengambil pinjaman atau mencairkan investasi jangka panjang Kamu. Jika Kamu mengambil pinjaman, maka akan ada beban tambahan membayar bunga. Mengumpulkan investasi Kamu sebelum tanggal jatuh tempo tidak hanya berarti Kamu akan kehilangan bunga, tetapi juga berarti Kamu akan kehilangan sebagian dari investasi awal. Ini juga akan membuat Kamu mundur secara signifikan dalam keseluruhan rencana keuangan Kamu.

Keberhasilan membangun dana darurat bergantung pada konsistensi penyediaan dana secara rutin, dan menahan keinginan untuk memanjakan diri dengan dana hujan non-darurat ini. Dana ini harus disimpan terpisah dari Rekening Tabungan Umum. Jika tidak, Kamu akan cenderung menikmati uang ini bahkan jika melebihi anggaran Kamu pada titik tertentu. Sebagian besar dari rekening dana kontingensi ini harus diinvestasikan pada dana berisiko rendah. Ini memastikan bahwa investasi Kamu tidak kehilangan nilai jika Kamu membutuhkan uang. Selain itu, harus sangat likuid, untuk memungkinkan Kamu mengakses dana dengan mudah dan cepat jika Kamu membutuhkannya

Besar kecilnya Rekening Tabungan Kamu akan bergantung pada situasi pribadi Kamu. Orang sering menyimpan gaji tiga sampai enam bulan sebagai cadangan. Tetapi Kamu harus memutuskan faktor berdasarkan jumlah yang sesuai seperti tanggungan dan biaya bulanan tetap.

Jika Kamu lajang tanpa memiliki kewajiban, dan memiliki sistem pendukung teman atau kerabat yang dapat Kamu andalkan selama krisis keuangan, Kamu mungkin tidak memerlukan simpanan dalam jumlah besar dalam dana ini. Ini berbeda dengan seseorang yang perlu membayar biaya perawatan untuk orang tua mereka yang sudah lanjut usia dan dukungan untuk keluarga kecil. Semakin banyak orang yang Kamu dukung, semakin besar kemungkinan Kamu akan terkena biaya tak terduga atau tidak direncanakan.

Saat memutuskan dana darurat, Kamu juga harus mempertimbangkan tingkat kesulitan yang akan Kamu alami dalam mencari pekerjaan baru jika Kamu kehilangan pekerjaan saat ini. Dalam kasus rumah tangga berpenghasilan dua, kontribusi kedua belah pihak harus seimbang sambil menghitung berapa banyak yang harus Kamu sisihkan.

Kamu mungkin tidak dapat mengumpulkan uang dana darurat Kamu pada satu waktu. Perlakukan itu sebagai tujuan finansial dan tambahkan ke kucing Kamu seiring waktu. Jika Kamu mendapatkan pengembalian pajak, masukkan ke akun Kamu untuk hari-hari hujan. Mungkin sebagian dari hadiahnya sedang bekerja!